ALAMAT KARINA - KWI
Yayasan Karina
Jl Matraman No 31, Jakarta Timur 13150
Telp : 021 - 85906534
Fax : 021 - 85906763
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

bca logo

Bank BCA - Cabang : Puri Indah, Jakarta
Nomor Rekening : 288-308-0599
Atas Nama : YAYASAN KARINA

Rumah Singgah Cordia

Karina - Caritas Indonesia"Rumah tempat kita berteduh dan merasakan kedamaian". Agustus 2010,  bertempat di Jl.Sei Asahan No.36 Medan CORDIA CARITAS Medan melakukan upacara pemberkatan dan pembukaan Rumah Singgah CORDIA (Drop in Centre CORDIA) pusat informasi Narkoba dan HIV Keuskupan Agung Medan.

Uskup Agung Medan Mgr.AB.Sinaga, OFM Cap memimpin langsung upacara pemberkatan dan pembukaan Rumah Singgah CORDIA. Dalam kata sambutannya Uskup Agung mengatakan bahwa rumah ini tidak diperuntukanuntuk umat Katolik saja, namun lebih jauh lagi bahwa rumah ini adalah rumah untuk semua orang yang memiliki latar belakang agama dan suku yang berbeda, tujuan didirikannya rumah ini adalah untuk memberikan informasi dan menolong orang-orang yang memiliki masalah terkait penyalahgunaan narkoba dan HIV.

Karina - Caritas IndonesiaBukan rumah untuk menyebarluaskan agama. Uskup mengatakan dalam bahasa Karo “Rumah Enda Ingan Kami Cicio Cilinggem”, rumah ini tempat kita berteduh dan merasakan kedamaian mendiaminya, begitu juga Rumah Singgah CORDIA ini harus dapat memberikankedamaian dan keteduhan bagi setiap orang yang berkunjung dan mendiaminya.

Pada kesempatan lainnya, Eka Prahadian Project Manager Drugs and HIV CORDIA Caritas Medan memberikan paparan tentang program dan layanan yang tersedia di rumah singgah ini. Beberapa program yang tersedai diantaranya:

 

  1. Penjangkauan komunitas. Target penjangkauan adalah komunitas berisiko tinggi seperti pengguna narkoba (dengan jarum suntik dan non jarum suntik), anak jalanan, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum.
  2. Konseling dan konsultasi. Layanan ini difokuskan untuk masalah-masalah terkait dengan isu-isu narkoba dan HIV/AIDS.
  3. Program penjara. Saat ini Rumah Singgah CORDIA telah menjalankan program penjangkauan di LAPAS kelas 1 Tanjung Gusta Medan. Program yang diberikana adalah tentang dampak buruk penyalahgunaan narkoba, HIV/AIDS dan isu kesehatan masyarakat lainnya. Penerima program ini adalah para warga binaan dan staff LAPAS.
  4. Kelompok bantu diri. Salah satu aktifitas kelompok bantu diri adalah melakukan pertemuan 12 Langkah Narkotik Anonimus tiga kali dalam satu minggu.
  5. Pertemuan komunitas, pertemuan ini adalah tempat para aktor lokal yang bekerja untuk isu penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS di Medan untuk berkomunikasi, berbagi pengalaman serta sarana membangun jaringan dalam rangka meningkatkan pelayanan terkait isu pengurangan dampak buruk narkoba di masyarakat.

Karina - Caritas IndonesiaUpacara pemberkatan dan pembukaan rumah Singgah Cordia dihadiri oleh para utusan dari beberapa lembaga pemerintah dan LSM, seperti KANWIL DEPKUMHAM Provinsi Sumatera Utara, Pusat Layanan Khusus Rumah Sakit Adam Malik Medan, LAPAS Kelas 1 Tanjung Gusta, Medan Plus, Galatea, Jarkons, Komunitas Pelangi Sumatera Utara, Kongregasi Kesusteran St Yosef, harian ANALISA, Harian SIB, Radio CARDOVA, dan para tamu individu yang peduli terhadap isu penyalahgunaan narkoba serta HIV/AIDS di Medan.

Share